4 Cara Mengusir Tikus di Mesin Mobil pakai (Klakson, Perangkap dan Spray)

Setidaknya ada 4 cara mengusir tikus di Mobil. Mulai dengan menggunakan Klakson, Perangkap tikus biasa hingga menggunakan cairan Spray
Cara Mengusir Tikus di Mesin Mobil

Mengusir Tikus dari Mobil

Siang dan malam yang dingin mendorong hewan pengerat, terutama tikus, untuk mencari kehangatan – dan seringkali kita temukan di bawah kap mobil. Terutama untuk mobil yang bagian bawahnya tidak tertutup, bahkan Honda pun begitu.

Sebenarnya, tikus di mobil lebih dari sekadar gangguan, mereka bisa berbahaya. Oleh karenanya, kita harus mengatasinya dengan baik.

Untuk anda yang menghadapi masalah yang sama, berikut ini adalah beberapa cara mengusir tikus di mobil, sehingga mobil aman dari dampak buruknya.

Mari kita bahas sama-sama.

Bagaimana cara tikus masuk ke dalam mobil?

Seperti hewan-hewan pengerat lainnya, sebenarnya tikus bisa masuk ke dalam mobil melalui pintu maupun jendela yang dibiarkan terbuka dalam waktu lama.

Tapi tidak itu saja, karena rata-rata hewan ini berukuran kecil maka sebenarnya celah tempat masuk mereka cukup banyak. Ada banyak sekali ruang yang bisa mereka manfaatkan.

Mulai dari saluran udara dari kompartemen mesin dan beberapa tempat lainya.

Bahkan tikus juga bisa masuk ke dalam mobil melalui interitor kompartemen mesin mobil. Mereka bisa masuk melalui ventilasi maupun lubang kecil yang digunakan untuk memasang kabel, pedam rem dan gas serta stir mobil.

Bahkan mereka juga bisa masuk dengan mudah melalui bagian bawah mesin.

Kenapa kita harus menjauhkan mobil dari gangguan tikus

Tentu saja kita sepakat bahwa tikus adalah hewan liar yang berpotensi merugikan kita. Ketika mereka bersarang di mobil kita maka mereka akan mengerat kabel-kabel yang ada di mobil. Ini tidak saja merusak mobil tapi juga berpotensi menyebabkan kebakaran.

Karena bisa saja beberapa kabel yang terkelupas akibat gigitan tikus akan terpicu menghasilkan api yang pada akhirnya akan menyebabkan kebakaran.

Jadi kami sarankan untuk tidak mengabaikan masalah ini. Kita harus mencari solusinya secara serius, bagaimana cara mengusir tikus dari mesin mobil. Sehingga kita terhindar dari dampak buruk dari hewan pengerat ini.

Bahkan beberapa informasi yang kami dapatkan, banyak juga kebakaran mobil yang terjadi karena adanya kabel yang terbuka akibat di gigit hewan ini. Walaupun  bukan ini satu-satunya.

Akan tetapi, kita harus memberikan perhatikan lebih terhadap hewan pengerat ini.

4 tips cara mengusir tikus dari mobil

Nah, bagi teman teman yang belum tahu bagaimana cara mengusir tikus dari mobil. Mungkin beberapa cara berikut ini bisa dicoba.

Tentu saja kita berharap tikusnya pergi dan kita tidak mendapatkan efek negative dari kehadiran tikus di kendaraan roda empat kita.

1. Parkir di Garasi Mobil

Mungkin tidak banyak yang menyakini bahwa sebenarnya parker di garasi mobil akan memberikan keamanan ekstra pada mobil kita.

Bukan saja aman dari curian dan gangguan manusia pada umumnya. Ini juga akan menghindarkan kita dari gangguan hewan liar, termasuk gangguan tikus.

Luangkan waktu untuk memarkirkan mobil di garasi.

Untuk yang belum punya garasi, anggarkan uang anda untuk membuat garasi mobil. Ini tidak saja akan menyelamatkan mobil anda, tapi juga terhindar dari menggunakan fasilitas umum (jalan) untuk kepentingan pribadi dalam waktu yang lama.

2. Bunyikan klakson mobil

Cara lain untuk mengusir tikus dari mesin mobil adalah dengan membunyikan klakson.

Suara keras yang dihasilkan oleh klason akan membuat tikus kaget. Bahkan tidak saja tikus, hewan lain yang berpotensi menganggu juga akan minggir.

Tapi ingat, jangan berlebihan. Karena tentu saja suara keras dari klakson akan mengganggu tetangga anda jika kita gunakan secara berlebihan.

Setelah membunyikan klakson, tunggu beberapa waktu. Berikan kesempatan pada hewan ini untuk keluar dari mesin mobil sebelum anda menghidupkan mesin.

3. Gunakan bahan ata alat pengusir tikus

Ada banyak alat maupun obat pengusir tikus. Termasuk mengusir tikus dari mobil. Mulai dengan menggunakan zat kimia maupun alat tertentu.

Beberapa diantaranya adalah :

Electronic Repellent, merupakan perangkat tanpa kabel yang bisa kita tempatkan di dalam kendaraan yang nantinya akan mengeluarkan ada decibel yang tidak disenangi oleh tikus dan hewan lainnya. Tapi tidak terdengar oleh manusia.

Mengusir tikus dengan aroma yang dibencinya. Ada beberapa jenis bahan yang menghasilkan aroma yang tidak disukai oleh tikus, seperti kayu cedar, minyak peppermint maupun cabe rawit.

Dengan adanya pengusir tikus seperti ini maka secara alami tikus akan menghindari mobil anda. Dan sebenarnya cara ini jauh lebih alami.

Bahan lain yang juga bisa kita gunakan adalah kapur barus. Cuma kita perlu memperhatikan dimana kita meletakan kapur barus ini.

Gunakan perangkap tikus. Ini adalah cara yang paling rasional, walaupun banyak praktisi yang mengatakan cara ini tidak terlalu efektif. Karena tikus seperti tahu bahwa mereka sedang kita incar menggunakan alat perangkap tikus.

Gunakan Spray Pengusir Tikus, ada banyak sekali yang jual spray pengusir tikus di marketplace. Bahkan cara ini diyakini jauh lebih mudah dan efektif.

Spray ini biasanya bisa berupa cairan yang bisa kita semprotkan pada bagian disekitar mobil yang aromanya membuat tikus dan hewan pengerat enggan mendekat.

4. Periksa mobil Anda dan sekitarnya

Periksa secara teratur di bawah kap kendaraan Anda. Sarang tikus dapat dengan mudah terlihat dan dihilangkan. Juga, periksa kabel dan sistem mekanis untuk tanda-tanda tikus telah menggigitnya.

Periksa mesin dan jalan masuk untuk mencari kebocoran.

Hewan pengerat menyukai rasa minyak, bensin, dan cairan otomotif lainnya, kebocoran seperti itu menarik mereka. Cairan yang bocor dapat menyulut dedaunan, sampah, dan puing-puing lainnya di jalan raya. Selain itu, kebocoran berbahaya bagi anak-anak, hewan peliharaan, dan lingkungan.

Dengarkan kerincingan. Bahan tahan api umumnya berada di antara sistem pembuangan dan papan lantai sebagian besar kendaraan. Jika Anda mendengar bunyi berderak, mungkin ada hewan pengerat atau hewan lain yang melonggarkan bahannya.

Jika Anda melihat kabel yang rusak atau mencurigai adanya kebocoran, bawa mobil untuk diservis. Sebenarnya, adalah ide yang baik untuk meminta mekanik memeriksa mesin mobil Anda setidaknya setiap tahun untuk kerusakan tersebut.

Jangan sampai terjadi kebakaran. Jika Anda mencurigai atau melihat kebakaran di mobil Anda saat Anda mengemudi, segera hentikan mobil, sebaiknya di trotoar daripada rumput atau bahan mudah terbakar lainnya. Matikan kunci kontak dan tinggalkan kendaraan. Kemudian memanggil bantuan.

Jika anda menemukan beberapa bagian mobil sudah digigit tikus, terutama kabel. Maka sebaiknya anda konsultasikan langsung ke bengkel mobil terdekat.

Membersihkan setelah tikus bersarang di Mobil

Hal terpenting yang harus diingat tentang membersihkan setelah Anda menyingkirkan tikus di mobil Anda adalah jangan langsung menyedot debu.

Kotoran dan urin tikus dapat terinfeksi oleh Hantavirus, yang dapat menginfeksi manusia saat menghirupnya. Pertama, pindahkan kendaraan Anda keluar dari garasi dan ke area terbuka dan keluarkan udara.

Selanjutnya, sambil mengenakan sarung tangan karet, campur pemutih rumah tangga dengan air dan semprotkan ke area yang terkena hingga basah. Biarkan selama lima menit dan bersihkan dengan handuk kertas.

Kemudian bersihkan area tersebut dengan larutan pemutih. Buang bahan-bahan Anda ke dalam kantong plastik, lalu cuci tangan Anda dengan sabun dan air setelah melepas sarung tangan karet.

Terakhir

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengusir tikus dari mobil. Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa kita terapkan.

Tapi setidaknya, beberapa cara diatas sudah lebih dari cukup untuk membasmi tikus yang membuat kendaraan kita menjadi rusak. Dan ini adalah tips perawatan mobil yang paling mudah kita praktekan.

Default image
Editorial Staff

Melalui Halo Honda anda bisa mendapatkan berbagai informasi menarik dan informatif. Beli Mobil Honda, cek dulu Halo Honda.

Articles: 28

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.