Kelebihan Pertalite dibanding Pertamax dan perbedaannya dengan premium

Kelebihan pertalite dibanding pertamax

Kelebihan Pertalite dibanding Pertamax

Pada kesempatan ini kita akan bahas kelebihan pertalte dibanding pertamax dan sekaligus apa perbedaan antara premium, pertalite dan pertamax

Sebenarnya, kelebihan pertalite dibandingkan pertamax hanya satu yang paling menonjol. Yaitu dari sisi harga. Pertalite lebih murah dibandingkan pertamax.

Apalagi dibandingkan dengan Pertamax turbo.

Namun, agar anda tidak menghakimi pertamax jelek dan pertalite bagus atau sebaliknya, mungkin ada baiknya bagi anda untuk mengetahui perbedaan dari masing-masing bahan bakar minyak ini.

Perbedaan Premium, Pertalite dan Pertamax

Agar anda bisa menilai kualitas bahan bakar minyak untuk kendaraan secara objektif, mungkin penjelasan kami dibawah ini berguna.

Pertamax terbagi menjadi 3 varian yaitu ada Pertamax, Pertamax Plus dan Pertamax Turbo. Namun untuk Pertamax Turbo sudah sangat jarang ditemukan di SPBU.

Melainkan yang sering kita jumpai yaitu adalah Pertamax dan Pertamax Turbo.

Dalam memilih bahan bakar minyak kendaraan teman-teman tidak boleh asal pilih karena setiap mesin kendaraan memiliki kebutuhan bahan bakar minyak yang berbeda-beda

Jadi mulailah untuk memilih bahan bakar minyak yang benar-benar pas dengan jenis, tipe kendaraan masing-masing dan pastinya harus berkualitas.

Karena masing-masing bahan bakar punya perbedaan yang cukup signifikan.

Nilai Oktan

Perbedaan pertama dapat kita lihat melalui nilai oktan. Oktan number atau yang biasa disebut dengan Ron merupakan kekuatan tekanan atau kompresi bahan bakar minyak terhadap mesin.

Semakin tinggi nilai oktannya semakin baik pula dampaknya terhadap kinerja mesin.

Berikut beberapa nilai oktan dari bahan bakar minyak tersebut yaitu premium dengan nilai oktan 88, pertalite dengan nilai oktan 90, Pertamax dengan nilai oktan 92, Pertamax Plus dengan nilai oktan 95 dan pertamax Turbo dengan nilai oktan 98.

Warna Carian

Perbedaan yang kedua dapat kita lihat dari warna cairan dan ternyata warna cairan itu juga memiliki dampak tersendiri terhadap mesin.

Bahan bakar yang tidak memiliki zat pewarna tambahan seperti Pertamax akan menghasilkan pembakaran yang sempurna.

Berikut warna dari bahan bakarnya tersebut yaitu premium berwarna kuning cerah yang dihasilkan dari zat pewarna tambahan, pertalite berwarna hijau terang, pertamax berwarna biru kehijauan, Pertamax Plus dan pertamax Turbo berwarna merah.

Polusi dan ramah lingkungan

Perbedaan yang ketiga dapat kita lihat dari sisi polusi dan ramah lingkungan.

Tidak dipungkiri setiap bahan bakar pasti mengeluarkan polusi namun memiliki tingkat Polusi yang berbeda-beda.

Berikut beberapa Polusi yang dihasilkan dari bahan bakar minyak tersebut yaitu premium menghasilkan polusi dalam jumlah besar, pertalite menyebabkan polusi dalam jumlah sedikit, pertamax menghasilkan polusi dalam jumlah sangat sedikit sedangkan Pertamax dan pertamax Turbo menyebabkan polusi dalam jumlah paling sedikit.

Jadi dari penjelasan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa Pertamax tentu lebih unggul dibandingkan bahan bakar minyak jenis lainnya seperti premium dan pertalite.

Karena memiliki nilai oktan yang lebih tinggi, warna yang tidak memiliki zat pewarna tambahan dan tentu Polusi yang dihasilkan sangat sedikit bahkan paling sediki.

Pertama juga merupakan produk unggulan dari Pertamina yang bebas timbal dan sangat ramah lingkungan.

Mudah-mudahan ulasan singkat kami tentang kelebihan pertalite dibanding pertamax dan perbedaan masing-masing bahan bakar ini bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *