Mengenal Ban 215/55 R17, kelebihan dan kekurangannya

Ban 215 55 R17

Mengenal Ban 215/55 R17

Ukuran ban 215/55 R17 mengacu pada spesifikasi ban tertentu yang umum digunakan untuk kendaraan. Berikut ini adalah penjelasan tentang arti setiap angka:

  1. 215: Angka ini mewakili lebar ban dalam milimeter. Dalam kasus ini, ban memiliki lebar 215 milimeter dari dinding samping ke dinding samping.
  2. 55: Rasio aspek ditunjukkan oleh angka ini, yang mewakili tinggi profil ban sebagai persentase dari lebar ban. Dalam hal ini, tingginya 55% dari lebar ban.
  3. R: Huruf ini menandakan bahwa ban memiliki konstruksi radial. Sebagian besar ban modern menggunakan konstruksi radial, jadi ini adalah penanda umum.
  4. 17: Angka ini menunjukkan diameter roda, dalam inci, yang ban tersebut dirancang untuk pasang. Dalam kasus ini, ban cocok untuk roda dengan diameter 17 inci.

Jadi, ban dengan ukuran 215/55 R17 akan memiliki lebar 215 mm, tinggi profil yang 55% dari lebar, dan cocok untuk roda berdiameter 17 inci.

Kelebihan Ban 215/55 R17

Kelebihan menggunakan ban dengan ukuran 215/55 R17 dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor khusus dan preferensi. Berikut adalah beberapa kemungkinan kelebihannya:

  1. Penanganan dan stabilitas yang lebih baik: Lebar yang lebih besar (215 mm) pada ban memberikan luas kontak yang lebih besar dengan jalan, yang dapat menghasilkan penanganan dan stabilitas yang lebih baik, terutama saat belok atau manuver.
  2. Traksi yang lebih baik: Lebar ban yang lebih besar juga dapat memberikan traksi yang lebih baik, terutama dalam kondisi kering. Penambahan luas permukaan yang bersentuhan dengan jalan memungkinkan cengkeraman yang lebih baik, meningkatkan kinerja akselerasi dan pengereman.
  3. Kenyamanan saat berkendara: Profil ban (55%) mengacu pada tinggi dinding samping sebagai persentase dari lebar. Rasio aspek yang lebih rendah, seperti 55, menandakan dinding samping yang lebih pendek. Meskipun ini dapat menghasilkan perjalanan yang sedikit lebih keras dibandingkan dengan ban dengan profil yang lebih tinggi, hal ini juga menawarkan respons yang lebih baik dan rasa jalan yang lebih baik.
  4. Tampilan sporty: Kombinasi lebar yang lebih besar dan dinding samping yang lebih pendek dapat memberikan tampilan yang lebih agresif dan sporty pada kendaraan Anda.
  5. Kompatibilitas: Diameter roda 17 inci adalah ukuran yang populer untuk banyak kendaraan, sehingga lebih mudah menemukan berbagai pilihan ban dalam ukuran ini. Ini menawarkan keseimbangan yang baik antara performa dan kenyamanan untuk berbagai model mobil.

 Kekurangan Ban 215/55 R17

Tire 215/55 R17 memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memilihnya. Berikut adalah beberapa kekurangan yang mungkin perlu diperhatikan:

  1. Kenyamanan berkendara berkurang: Ban dengan dinding samping yang lebih pendek (aspek rasio 55%) berarti ada lebih sedikit peredam guncangan antara velg dan jalan. Akibatnya, Anda mungkin merasakan sensasi berkendara yang lebih keras dan sensitif terhadap ketidaksempurnaan jalan. Hal ini dapat mengakibatkan kenyamanan berkendara yang sedikit berkurang, terutama di permukaan jalan yang kasar atau tidak rata.
  2. Rentan terhadap kerusakan: Dinding samping yang lebih pendek membuat ban lebih rentan terhadap kerusakan akibat lubang jalan, trotoar, dan bahaya jalan lainnya. Efek peredam yang berkurang dapat mengalirkan benturan langsung ke velg dan komponen suspensi, meningkatkan risiko kerusakan pada roda atau ban.
  3. Absorpsi benturan terbatas: Dinding samping yang lebih pendek juga menyediakan fleksibilitas dan absorpsi benturan yang lebih sedikit dibandingkan dengan ban dengan aspek rasio yang lebih tinggi. Hal ini dapat mengakibatkan absorpsi guncangan yang kurang efektif, yang dapat memengaruhi kenyamanan dan karakteristik penanganan kendaraan secara keseluruhan, terutama di jalan yang berlubang atau medan yang kasar.
  4. Kinerja terbatas pada musim dingin: Ban dengan dinding samping yang lebih rendah mungkin memiliki cengkeraman dan traksi yang lebih rendah pada kondisi salju atau es dibandingkan dengan ban dengan aspek rasio yang lebih tinggi. Dinding samping yang lebih pendek mengurangi fleksibilitas yang diperlukan untuk menjaga kontak yang konsisten dengan permukaan jalan, yang dapat mempengaruhi pengereman, akselerasi, dan stabilitas kendaraan secara keseluruhan pada kondisi cuaca musim dingin.
  5. Tingkat kebisingan jalan yang lebih tinggi: Kombinasi lebar yang lebih besar dan dinding samping yang lebih pendek dapat menyebabkan peningkatan tingkat kebisingan jalan di dalam kendaraan. Pola tapak ban dan desain ban juga memainkan peran, tetapi secara umum, ban yang lebih lebar dapat menghasilkan lebih banyak kebisingan karena luas kontak yang lebih besar dengan jalan.

Penting untuk mempertimbangkan kekurangan potensial ini dan menilai sejauh mana dampaknya berdasarkan preferensi berkendara, kondisi jalan, dan kebutuhan kendaraan sebelum memilih ban dengan ukuran 215/55 R17.

Merek Ban Mobil ukuran 215/55 R17

Merk ban 215/55 R17 yang tersedia meliputi Forceum Octa dan Accelera Phi yang dikategorikan sebagai ban standar dengan kode indeks 98W. Ban-ban ini memiliki kapasitas beban maksimum sebesar 750 kg dan dapat mencapai kecepatan maksimum hingga 270 km/jam. Kedua merk ini dikenal karena harganya yang lebih terjangkau.

Bridgestone Turanza T005 menawarkan kenyamanan berkendara dengan kode indeks 94W. Ban ini memiliki kapasitas beban maksimum 670 kg dan dapat mencapai kecepatan maksimum 270 km/jam. Bridgestone Turanza T005 dianggap sebagai opsi yang lebih baik.

Hankook Ventus, Falken Ziex IMPORT, dan Achilles ATR Sport BY MICHELIN adalah merk ban 215/55 R17 yang dikategorikan sebagai ban sport dengan kode indeks 94W. Ban-ban ini memiliki kapasitas beban maksimum 670 kg dan dapat mencapai kecepatan maksimum 270 km/jam. Merk-merk ini juga dikenal karena harga yang lebih terjangkau.

Falken Ziex ZE310R adalah ban dengan kategori ekonomis (ECO) dengan kode indeks 94W. Ban ini memiliki kapasitas beban maksimum 670 kg dan dapat mencapai kecepatan maksimum 270 km/jam. Falken Ziex ZE310R merupakan pilihan yang lebih terjangkau.

Dunlop SportMaxx 050 OEM, Goodyear Assurance Triplemax 2, Michelin Primacy 3 ST, Bridgestone Turanza ER33, Continental UltraContact UC6 Import, dan GT Radial Savero SUV adalah beberapa merk ban lainnya dengan berbagai kategori dan rekomendasi harga yang lebih terjangkau.

Terakhir, Michelin Primacy 4 juga termasuk dalam daftar merk ban 215/55 R17. Informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi dan rekomendasi harganya tidak tersedia dalam data yang diberikan.

Terakhir

Penting untuk dicatat bahwa pemilihan ban juga harus mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti spesifikasi kendaraan Anda, penggunaan yang dimaksudkan (misalnya, berkendara di jalan raya, off-road), kondisi iklim, dan preferensi pribadi.

Selalu disarankan untuk mengonsultasikan panduan produsen kendaraan Anda dan mencari saran dari ahli ban untuk memastikan Anda memilih ban yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda yang spesifik.