6 Tips Cara Membersihkan Kaca Mobil dari Jamur

cara membersihkan kaca mobil dari jamur

Cara Membersihkan Kaca Mobil

Agar cat mobil tetap awet dan tidak mudah berkarat, tentu kita harus rajin membersihkannya. Terutama, bagian kaca mobil.

Cuaca yang tidak menentu, tentu saja membuat mobil lebih mudah kotor dan berdebu. Ditambah lagi jika disertai hujan yang tidak terlalu derat. Gerimis misalnya.

Ini membuat kaca mobil sangat mudah kotor.

Kaca mobil berdebu juga bisa disebabkan oleh kemacetan. Ini sering dirasakan oleh mereka yang beraktifitas di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

Selain karena debu, mobil harus tetap dibersihkan apabila diguyur oleh hujan selama perjalanan. Agar kotoran yang menempel tidak merusak bagian-bagian mobi.

Terutama karena karat.

Karena, merawat mobil tidak cukup hanya dengan memanaskan mobil di pagi hari. Tapi, juga harus rajin membersihkannya dari kotoran yang bisa saja menimbulkan karat.

Khusus untuk kaca bagian depan juga lebih berpeluang berjamurnya. Karena, wiper tidak bisa menjangkau bagian-bagian tertentu yang masih kotor.

Dan tentu saja, kaca depan yang kotor dan berjamur membuat kita tidak nyaman dalam berkendara. Kadang juga mengganggu visibilitas kita.

Nah, agar kaca mobil tetap awet. Tentu saja kita harus melakukan perawatan secara rutin dengan cara-cara yang dianjurkan.

Berikut ini adalah beberapa cara membersihkan kaca mobil dari jamur, sehingga penampilan mobil tetap terlihat keren dan menaril.

1. Membersihkan Kaca Mobil dengan Lap Basah

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk menghindari kaca mobil yang berjamur adalah segera membersihkannya jika ada kotoran seperti debu

Terutama untuk kaca depan.

Jangan gunakan kemoceng, karena ada risiko goresan pada kaca. Kalau pun terpaksa, Anda hanya disarankan untuk menggunakan kemoceng yang menggunakan kain mikrofiber.

Selain itu, kami menyarankan juga untuk menggunakan kain basah saat ingin membersihkan kotoran yang membandel dikaca mobil anda.

Anda juga dapat menggunakan glass cleaner, yang dijual di banyak toko aksesoris mobil untuk membersihkan kaca yang berkerak.

2. Jangan menggunakan Deterjen

Saat membersihkan kaca mobil, hindari menggunakan deterjen.

karena, deterjen diyakini bisa merusak bagian kaca anda. Sehingga harapan anda untuk memiliki mobil dengan penampilan yang keren akan pupus.

Alternatifnya, anda bisa menggunakan shampo mobil yang memang disarankan oleh pabrik. Sehingga tidak merusak kaca mobil anda.

3. Gunakan Cairan Pelindung Kaca Mobil

Anda dapat membersihkani kaca mobil dengan cairan pelindung yang dijual di pasaran.

Tetapi sebelum itu, bersihkan kaca dengan pembersih kaca untuk mencegah kotoran menempel padanya dan juga sebagai cara menghilangkan baret kaca mobil.

Pelindung kaca cair biasanya juga mengandung bahan-bahan yang membuat kaca terlihat seperti daun talas. Ini jelas sangat membantu dalam menghadapi hujan lebat dan menghindari kaca depan berjamur karena air tidak menempel.

4. Jangan sembarangan menggunakan Anti Jamur

Ada banyak obat anti jamur kaca yang beredar di pasaran saat ini. Tetapi pastikan Anda membeli produk yang tepat.

Karena pilihan produk yang salah mungkin bukan jamur yang hilang, tetapi kaca depan mobil yang kabur. Sehingga harapan mendapatkan mobil yang cakep hilang sudah.

Anda bisa membeli anti jamur yang asli dan terjamin melalui toko-toko aksesoris di daerah anda.

5. Gunakan Cairan Khusus Wiper

Konsumsi air wiper tangki sebenarnya cukup. Ingatlah bahwa udara di jalan itu bersih, tidak mengandung minyak atau kotoran lainnya.

Tetapi kondisi saat ini adalah polusi yang sangat tinggi, jadi setelah setelah wiper menyapu kaca mobil masih ada lapisan minyak tipis.

Awalnya, campuran shampo ini cukup kuat. Tapi ternyata bisa mengandung jamur dalam waktu singkat ke bintik-bintik putih jika terkena sinar matahari.

Terutama jika shampo tidak memiliki keseimbangan PH, dan beberapa bahkan menggunakan sampo manusia.

Bahkan jika mereka mau, mungkin saja menggunakan cairan pembersih khusus dari berbagai merek di pasaran untuk melindungi kaca mobil dari jamur. Hal itu sangat efektif sebagai cara membersihkan kaca mobil.

6. Menggunkan Coating / Pelapis Pada Kaca Mobil

Saat ini ada banyak pelapis yang dapat dibuat pada mobil. Pelapisan bisa dilakukan tidak hanya pada tubuh, tetapi juga pada kaca. Perlindungan melalui lapisan kaca dan bodi benar-benar memberikan banyak manfaat bagi mobil.

Lapisan kaca itu sendiri adalah proses perlindungan kaca depan yang memiliki sifat tahan lama atau permanen.

Apalagi jika pelapisan menggunakan bahan nano pada kaca mobil. Lapisan kaca dapat melindungi kaca terhadap kotoran dan menghindari kaca mobil yang berjamur.

Itulah tadi beberapa tips aman untuk membersihkan kaca mobil.

Dengan begitu anda bisa membersihkan jamur yang membandel di kaca ataupun kerak dan baret di kaca mobil dengan mudah.

Ingin beli mobil Honda terbaru, silahkan lihat daftar Harga Mobil Honda berikut. Anda juga bisa melihat daftar Dealer Honda untuk masing-masing kota.

Default image
Editorial Staff
Melalui Halo Honda anda bisa mendapatkan berbagai informasi menarik dan informatif. Beli Mobil Honda, cek dulu Halo Honda.
Leave a Reply