7 Cara merawat Mobil pada musim Hujan agar tetap Awet

cara merawat mobil
Gambar oleh : Motor1com

7 Cara merawat Mobil agar tetap Awet dalam waktu lama

Musim yang tidak menentu menuntut kita untuk selalu siap siaga.
Terutama terkait dengan kesehatan tubuh.

Disisi lain, untuk anda yang memiliki kendaraan roda empat seperti mobil juga perlu waspada. Karena, bisa saja tiba-tiba terjadi banjir di jalanan yang sedang anda lewati.

Bahkan, hujan yang mengguyur mobil pun perlu di antisipasi dengan tepat.

Layaknya tubuh manusia, mesin membutuhkan perawatan tertentu agar tak mudah rusak dan masuk bengkel, terutama saat musim hujan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa teman-teman lakukan pada mobil saat musim hujan tiba. Setidaknya, dengan perlakuan ini bisa mencegah kerusakan yang lebih parah.

Cuci Mobil setelah diguyur Hujan.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjaga mobil kesayaan agar tak cepat rusak saat terkena air hujan adalah dengan mencuci mobil setelah kehujanan.

Sebagian perangkat dan komponen penyusun mobil terbuat dari besi, sedangkan air hujan mengandung garam yang bisa menyebabkan besi komponen penyusun berkarat.

Jangan membiarkan mobil yang sudah terkena air hujan lebih dari tiga hari, ya. Tentunya Anda tak mengingkan velg dan komponen mobil lainnya berkarat bukan?

Basahi Sebelum Mengelap

Selain mengandung garam, hujan yang turun dan membasahi mobil juga mengandung butiran-butiran pasir halus. Saat Anda hendak mencuci mobil, jangan lupa untuk membasuhnya terlebih dahulu, bisa dengan cara menyemprot atau mengguyur mobil dengan air.

Tips merawat mobil ini penting dilakukan untuk menghindari timbulnya bekas-bekas goresan yang tak bisa hilang dan bisa mengurangi keindahan mobil kesayangan Anda.

Cuci Bersih Seluruh Bagian Mobil

Setelah melakukan tips membersihkan mobil yang ke dua, pastikan Anda mencuci semua komponen mobil, termasuk bagian engsel mobil, tepi bagasi, tepi pintu mobil, tepi kap mesin, dan semua perangkat penyusun lainnya.

Agar bersih, jangan lupa untuk menggunakan sampo berbusa rendah untuk membantu menghilangkan kotoran yang tak bisa hilang dengan dibasuh air saja.

Jangan Terlalu Lama saat Mencuci Mobil

Apakah Anda termasuk orang yang suka mencuci mobil lama-lama? Niat hati ingin membuat mobil kesayangan jadi kinclong dengan mencucinya lama-lama, namun sebenarnya melakukan hal ini bisa mengurangi perfoma mobil Anda, lho.

Mencuci terlalu lama bisa menyebabkan timbulnya bercak air atau air campuran shampoo yang digunakan saat mencuci. Cara mencuci yang benar yakni dengan membasahi sebagain demi sebagian kemudian baru dibersihkan dengan shampoo demikian demi sebagian.

Cara-cara di atas bisa Anda lakukan untuk menjaga mobil Anda agar tetap bersih dan nyaman untuk dipakai.

Tak cukup hanya dengan menjaga kebersihan bodi mabil saja ya sobat oto, menjaga keadaan mesin dan sperpat lainnya juga tak kalah pentingnya.

Sebab, jika salah satu saja komponen mesin tidak berfungsi dengan baik tentunya akan mengganggu performa mobil yang berdampak juga pada mobilitas Anda.

Untuk itu, pembahasan kali ini akan difokuskan pada bagaimana sih tips merawat mesin mobil yang benar saat musim hujan. Langsung simak di bawah ini ya Pall!

Gunakan Contact Cleaner

Pada saat hujan, air sangat rawan untuk masuk melalui celah terkecil sekalipun di bagian mesin mobil. Tentu saja, jika hal ini terjadi, maka mesin akan mudah rusak dan mobil Anda bisa saja berakhir di bengkel.

Untuk mengantisipasi masuknya air ke dalam komponen mesin mobil, sobat oto bisa menggunakan contact cleaner.

Gunakan contact cleaner khusus di bagian mobil yang telah menggunakan system elektrik. Alat satu ini dapat mencegah terjadinya arus pendek yang bisa menyebabkan mobil mogok. Aduh, jangan sampai mogok ya sobat oto!

Cek Sperpat Mobil secara Berkala

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan ketika merawat “kesehatan” mobil ialah dengan rajin mengecek dan memberishkan bagian-bagian mobil terutama yang berhubungan dengan saluran bahan bakar secara berkala.

Sebenarnya, tips membersihkan mobil yang satu ini tidak hanya wajib dilakukan saat menginjak musim hujan saja, ya, tapi juga rutin harus dilakukan setiap hari. Cek bagian saluran, tangki bahan bakar, dan saringan yang memungkinkan lewatnya air.

Ini dilakukan untuk antisipasi agar bahan bakar tak tercampur air. Tips merawat mobil ini sangat penting untuk dilakukan. Jadi, jangat sampai melewatkanya ya, all.

Periksa Sistem Listrik Mobil

Mobil digerakkan dengan menggunakan listrik yang berasal dari bahan bakar misalnya bensin atau solar. Jika sistem listrik mobil Anda terganggu, pastilah akan mengganggu mobilitas Anda.

Periksalah setiap kabel yang ada barangkali ada yang tidak berfungsi atau mengelupas, atau kendor. Jangan lupa juga untuk memeriksa instrumen switch lamp, ya.

Kerusakan atau malfunction dari salah satu komponen sistem listrik bisa memicu arus pendek yang juga bisa menyebabkan mobil mogok.

Bagaimana sobatHonda?

Tentu sangat mudah bukan untuk melakukan tips merawat mobil saat musim hujan ini. Alangkah baiknya jika Anda mulai mengantisipasi kejadian terburuk dengan melakukan beberapa hal termasuk yang di atas.

Usahakan jangan sampai menunggu mobil masuk bengkel, ya! Selamat berkendara sobat oto, semoga mobilitas Anda hari ini lancar dan tak ada hambatan lagi meski hujan turun.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *