Perbandingan kualitas Oli Xten vs Shell, bagus mana

Perbandingan kualitas Oli Xten vs Shell, bagus mana. Mulai teknologi dan formulasi, peforma pelunsan ,ketahanan terhadap panas, penyusutan
kualitas Oli Xten vs Shell

Review Oli Xten vs Shell

Perbandingan antara oli Xten vs oli Shell menjadi topik menarik bagi pengguna motor matic yang menginginkan performa optimal dengan biaya efisien.

Oli Xten, yang sering ditemukan di Planet Ban, menawarkan teknologi double ester dengan harga yang terjangkau, sekitar di bawah Rp100.000 per liter, menjadikannya pilihan ekonomis dan efisien.

Di sisi lain, oli Shell, terkenal dengan botol berwarna kuningnya, memiliki beberapa varian seperti Shell Advance dan Shell Helix, dengan harga sekitar Rp115.000 per liter.

Perbedaan harga ini menimbulkan pertanyaan tentang mana yang lebih unggul dalam hal performa dan kualitas. Dalam perbandingan ini, kita akan melihat secara detail kelebihan dan kekurangan masing-masing oli, termasuk ulasan dari pengguna yang telah mencobanya, untuk membantu menentukan pilihan terbaik antara Xten oli matic dan oli Shell Advance.

Oli Xten Double Ester Matic vs Shell Advance Ultra Scooter 5W-40

Berikut adalah perbandingan antara oli Xten Double Ester Matic dan Shell Advance Ultra Scooter 5W-40 berdasarkan beberapa aspek penting

Teknologi dan Formulasi

Xten Double Ester Matic

Xten Double Ester Matic menggunakan teknologi double ester, yang merupakan inovasi dalam base oil sintetik. Ester memiliki daya tahan tinggi terhadap suhu ekstrem, baik panas maupun dingin.

Teknologi ini menawarkan stabilitas oksidasi yang lebih baik dan resistansi terhadap degradasi termal. Selain itu, ester juga mengurangi gesekan antar komponen mesin, yang meningkatkan efisiensi bahan bakar dan memperpanjang umur mesin.

Formulasi full synthetic memastikan molekul yang seragam dan stabil, memberikan perlindungan lebih baik dibandingkan oli mineral atau semi-sintetik.

Shell Advance Ultra Scooter 5W-40

Shell Advance Ultra Scooter 5W-40 juga menggunakan teknologi oli sintetik, namun tidak menggunakan teknologi double ester seperti Xten.

 Oli ini menawarkan viskositas 5W-40 yang berarti mampu melumasi dengan baik pada suhu rendah sekaligus memberikan perlindungan pada suhu tinggi.

Teknologi yang digunakan oleh Shell memastikan pelumasan efektif yang mengurangi gesekan dan keausan mesin serta menjaga performa mesin tetap optimal dalam berbagai kondisi.

Harga dan Nilai Ekonomis

Xten Double Ester Matic

Salah satu keunggulan utama Xten adalah harganya yang terjangkau, di bawah Rp100.000. Ini memberikan nilai luar biasa untuk pengguna motor matic yang mencari kualitas tinggi tanpa mengeluarkan biaya besar.

Harga yang kompetitif memungkinkan pengguna lebih sering mengganti oli, yang bisa menjaga performa mesin tetap optimal.

Shell Advance Ultra Scooter 5W-40

Shell Advance Ultra Scooter 5W-40 dibanderol dengan harga sekitar 115.000 IDR per liter, yang lebih tinggi dibandingkan Xten. Meskipun harganya lebih mahal, oli ini menawarkan kualitas yang sebanding dengan harga.

Namun, bagi pengguna yang mencari opsi lebih ekonomis, biaya yang lebih tinggi bisa menjadi penghambat.

Performa Pelumasan

Xten Double Ester Matic

Xten menawarkan performa pelumasan konsisten sepanjang penggunaannya.

Pengguna melaporkan peningkatan performa setelah mencapai jarak tempuh sekitar 500 km, dengan mesin menjadi lebih halus dan responsif serta penurunan suara mesin yang signifikan. Konsistensi ini sangat penting untuk keandalan mesin jangka panjang.

Shell Advance Ultra Scooter 5W-40

Shell Advance Ultra Scooter 5W-40 juga menawarkan pelumasan yang sangat baik, melindungi komponen mesin dari gesekan berlebih, yang memperpanjang umur mesin dan menjaga performa optimal.

Pengalaman pemakaian hingga 2.000 km menunjukkan performa konsisten tanpa penurunan signifikan, memberikan kenyamanan berkendara.

Informasi tambahan:

 Ketahanan terhadap Panas

Xten Double Ester Matic

Dengan teknologi double ester dan formulasi full synthetic, Xten memiliki ketahanan tinggi terhadap panas, memastikan pelumasan optimal baik pada suhu rendah maupun tinggi. Hal ini sangat penting dalam kondisi beban kerja berat dan suhu ekstrem.

Shell Advance Ultra Scooter 5W-40:

Meskipun memiliki viskositas 5W-40, yang lebih encer dan cepat panas, oli Shell tetap memberikan perlindungan yang baik pada suhu tinggi.

Ketahanan terhadap panas ini sangat penting untuk perjalanan jarak jauh atau kondisi lalu lintas padat di mana mesin lebih cenderung panas.

Standar Kualitas

Xten Double Ester Matic

Oli ini memenuhi standar kualitas internasional seperti API SN dan JASO MB, yang menjamin tingkat performa tinggi dalam hal pembersihan mesin, perlindungan terhadap endapan dan pengurangan keausan. Sertifikasi JASO MB menunjukkan bahwa oli ini cocok untuk motor matic dengan kopling kering.

Shell Advance Ultra Scooter 5W-40

Shell Advance Ultra juga memenuhi standar internasional yang tinggi, memastikan oli ini aman dan efektif untuk digunakan pada motor matic. Kualitas yang dijamin oleh standar ini memberikan keandalan yang lebih baik dalam berkendara sehari-hari.

Penyusutan Oli

Xten Double Ester Matic

Salah satu keunggulan Xten adalah kemampuannya mengurangi penyusutan oli selama penggunaan. Ini mengurangi kebutuhan untuk sering menambah oli, memberikan kenyamanan lebih bagi pengguna dan memungkinkan jarak tempuh lebih panjang tanpa khawatir pengurangan volume signifikan.

Shell Advance Ultra Scooter 5W-40

Shell Advance Ultra memiliki kekurangan dalam hal penyusutan volume oli. Setelah menempuh sekitar 2.000 km, volume oli berkurang sekitar 150 ml, yang mengharuskan pengguna lebih sering memeriksa dan menambah oli jika diperlukan untuk memastikan pelumasan cukup.

Kesimpulan

Kedua oli ini menawarkan berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Xten Double Ester Matic unggul dalam hal teknologi double ester, harga yang lebih terjangkau dan kemampuan mengurangi penyusutan oli.

Sementara itu, Shell Advance Ultra Scooter 5W-40 menawarkan performa pelumasan yang sangat baik, ketahanan terhadap panas dan kualitas standar internasional yang tinggi meskipun dengan harga yang lebih mahal dan kecenderungan penyusutan volume yang lebih tinggi.

Pilihan terbaik tergantung pada kebutuhan spesifik pengguna, apakah lebih mengutamakan biaya ekonomis atau performa jangka panjang.